Senin, 26 Januari 2015

Berkah Sedekah

Assalamu'alaikum

Selamat sore saudaraku yang hebat. Mari sejenak merenung tentang sedekah. Sejauh mana keikhlasan kuta memberikan apa yang menjadi hak mereka yang Allah titipkan kepada kita semua. Jangan sampai karena ketamakan kita, akhirnya apa yang menjadi hak mereka itu diambil paksa dengan cara yang pedih dari kita karena kita tidak mau menunaikannya. Hal itu sebagai tamparan agar kita sadar. Dan itulah apa yang sering kita sebut dengan "kehilangan."



Dahsyatnya berkah di balik kekuatan sedekah. Seperti kisah yang pernah terjadi di Surabaya. Seorang pedagang nasi dan istrinya tergerak hatinya untuk menyedekahkan seluruhbuang, seluruh uang tabungannya yang berjumlah satu juta. Hanya satu juta. Uang tersebut rencananya akan digunakan untyk membayar kontrakan rumah, rekening listrik, biaya sekolah anak-anakdan lain-lain. Akan tetapi dengan segala keikhlasan mereka menyedekahkah seluruh uang tersebut. Uang yang bagi mereka sangat besar dan sangat berarti karena menyangkut keberlangsungan hidup mereka.

Satu minggu berlalu tidak ada jawaban terhadap sedekah yang mereka keluarkan. Dua bulan kemudian mereka mulai goyah dengan keyakinannya tentang sedekah. Sebab uang tersebut adalah satu-satunya cadangan yang mereka punya untuk kelangsungan rumahtangganya. Istrinya sempat ingin meminjam uang kepada tetangganya, namun suaminya melarang. Tidak lama kemudian, pedagang nasi itu ditunjuk sebagai koordinator katering yang setiap hari dia mendapat order 30 juta rupiah. Lalu tak lama setelah itu pedagang nasi otu telah menandatangani kontrak yang jumlahnya sangat banyak.




Sebagai wujud rasa syukur, ia memberangkatkan 13 anggota keluarga besarnya untuk beribadah haji dan sedekah tetap mereka jalankan karena mereka meyakini bahwa rezeki yang mereka dapatkan adalah berkah dari sedekah yang mereka berikan dari cadangan uang satu-satunya yang mereka miliki itu. Tidak mudah memang bagi siapa pun menyedekahkan uang yang begiti dibutuhkan. Tapi kisah pedagang nasi satu ini menjadi bukti bahwa kekuatan sedekah dapat mengangkat harkat, martabat bahkan menembus langit.



Seperti di sebutkan dalam ayat Al-qur'an berikut : " katakanlah, sungguh Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki diantara hamba-hamba-Nya. Dan apa saja yang kamu infaqkam, Allah akan menggantikannya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (Qs. Saba 39)




Wassalamu'alaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar