Senin, 25 Mei 2015

Cara memotivasi diri

Ada banyak hal untuk memotivasi diri sendiri. Termasuk mengikuti seminar atau menjauhi pergaulan yang negatif. Intinya mengubah cara pandang kita terhadap sesuatu.
Yang harus kita lakukan adalah berubah. Misalkan kita sering pakai kaos ganti dengan kemeja termasuk juga rubah warnanya. Gaya rambut yang biasanya acak-acakan rubah dan atur serapi mungkin. Intinya diganti, keluar dari pakem "biasanya begini".
Hal lain yang bisa dicoba adalah dengan mempercepat langkah. Terutama bagi laki-laki langkahnya harus bergegas karena dapat memupuk spirit dan mood kita. Atau mengubah lagu yang biasa kita dengar. Studi membuktikan bahwa lagu-lagu cengeng mengurangi serotonin dalam otak sehingga kita mudag badmood. Kita jadi malas pengennya rebahan sepanjang hari. Rubah dengan lagu yang beat-nya cepat. Lebih bagus lagi yang liriknya positif. Ini akan menambah mood dan spirit motivasi kita. Itulah alasan kenapa di pusat-pusat perbelanjaan atau toko modern sering diputar lagu-lagu. Tujuannya adalah agar kita betah berlama-lama di sana dan membeli lebih banyak dari yang kita perlu.
Kurangi menonton tayangan kriminal karena dapat melemahkan motivasi kita. Sama dengan lagu, tayangan macam ini juga mengurangi serotonin dalam otak kita. Akibatnya, kita gampang murung, gampang curigaan, mengecilkan impian dan akhirnya pesimis. Pesimis itu adalah penyakitnya si miskin. Bukan hartanya yang miskin tapi mentalnya yang miskin. Jika kita menginginkah hasil berbeda, rubah polanya, rubah inputan yang masuk ke otak. Intinya, kita bisa memotivasi diri kita sendiri. Tidak perlu nunggu Ustadz, nunggu motivator, nunggu atasan kita.
Impian bukan sekedar impian. Tapi bagaimana kita menjiwai impian kita. Semua orang punya impian tapi kenapa banyak orang menjadi orang rata-rata?  Itu karena mereka tidak menjiwai impian mereka. Jika menjiwai impian itu, kita akan selalu bersemangat sebelum impian itu tercapai. Impian harus besar agar bisa menjadi motivasi bagi kita untuk mencapainya. Kenapa kita tidak bersemangat? Pertama karena kita tidak punya impian. Kedua karena kita tidak menjiwai impian itu.
Kejar impian dengan semangat tanpa batas. Fight!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar