Sabtu, 17 Oktober 2015

Banyak Beri Banyak Terima

Banyak orang melakukan sedekah mengharapkan itu akan menjadi tabungan amal di akhirat kelak. Sesungguhnya bersedekah itu tidak hanya untuk akhirat saja. Kalau kita banyak bersedekah, rezeki kita juga akan semakin berlimpah. Dan itu dijamin oleh Sang Maha Pemberi Rezeki, Allah Swt karena kita berbuat kebaikan. Dan tidak ada basalan kepada orang yang berbuat baik kecuali kebaikan pula.



Contoh paling ekstrim adalah orang paling kaya di dunia saat ini, Bill Gates. Dulu pernah turun peringkat di nomor 3 kemudian menjadi nomor 1 terkaya sampai saat ini. Begitu diwawancara oleh majalah forbes dia ditanya : " kenapa Anda bisa semakin kaya?" Dia menjawab : " saya juga bingung. Semakin banyak saya menyumbang,semakin bertambah kaya saya". Jadi jika mau kaya, kita justru harus banyak menyumbang bukan malah banyak menyimpan. Dan saya sangat yakin dengan itu, karena banyak sekali kejadian dalam hidup saya yang ketika saya semakin banyak menyumbang, harta justru semakin berkembang. Semakin pelit, justru akan semakin sempit.


Yang namaya sedekah itu tidak harus ikhlas. Karena ikhlas atau tidak ikhlas pasti dibalas oleh Allah swt. Lebih utama jika ikhlas karena balasannya pasti berlimpah. Bahkan orang atheis yang tidak percaya Tuhan sekalipun, jika ia menyumbang, bersedekah dan berbuat baik kepada sesamanya pasti dibalas meskipun ia belum tentu ikhlas. Apa yang memastikannya? Sebutir pasir ditulang belakang manusia yang merekam segala perilaku manusia. Jika kebaikan yang ia lakukan, ia akan dibalas kebaikan juga begitupun sebaliknya.



Bahkan ketika kita baru berniat saja pasti akan mendapat balasan. Yang lebih baik itu ketika semakin banyak orang yang mendapat manfaat dari keberadaan kita. Sebenarnya kalau kita jeli, alam sudah banyak memberi gambaran pada kita. Sebagi contoh, di timur tengah ada dua tempat yaitu laut mati dan danau galilea. Sama-sama mendapat aliran air dari sungai yordan tapi di laut mati tidak ada tanaman hidup dan ikan. Semantara di danau galilea banyak ditemukan ikan disana dan tumbuhan tumbuh disitu padahal mendapat aliran air dari sumber yang sama, kenapa? Karena laut mati tidak mengalirkan air yang ia dapat ke tempat lain, ia menampungnya sendirian. Sementara danau galilea, begitu ia terima air ia alirkan lagi ke daerah di sekitarnya. Artinya apa? Kalau kita terima harta dan hanya kita simpan untuk diri sendiri, kita akan dijauhi oleh makhluk hidup. Seharusnya begitu terima harta, sebagian kita kasihkan ke orang lain yang membutuhkan. Terima, kasih. Terima, kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar