Selasa, 02 Juni 2015

Dendam Positif

Pernah merasa sakit hati? Lalu ingin membalas orang yang menyakiti kita? Itulah yg dinamakan dendam. Menyimpan rasa marah dan benci dalam hati yang justru membuat hidup kita terasa tidak nyaman.

Ternyata dendam tidak selamanya negatif. Artinya begini, banyak cara orang melampiaskan dendam mereka pada seseorang. Ada yang menjadi kejam, diam, bahkan sampai tega membunuh lantaran sakit hati karena masalah sepele. Nah, ternyatanya lagi, cara terbaik membalas dendam adalah membuktikan dengan prestasi Anda. Buat mereka merasa menyesal telah melukai perasaan  Anda. Kemudian  tersenyumlah padanya dengan bangga dan katakan, aku selangkah lebih hebat darimu.


Ada cerita menarik tentang dendam positif. Bangsa Korea yang dijajah Jepang selama 45 tahun membuat kebencian terhadap Jepang menumpuk di dada mereka. Lalu apa yang mereka lakukan? Mereka sadar bahwa membalas mereka dengan senjata tidak akan mungkin. Dendam itu mereka lampiaskan dengan mengejar ketinggalan mereka dari Jepang di semua segi termasuk teknologi dan ekspansi budaya. Hasilnya, bisa kalian lihat hari ini.


Atau cerita Sichiro Honda yang pernah ditolak bekerja di perusahaan  Toyota. Membuat bekerja keras bahwa dia bisa membuat perusahaan sejenis. Dendam itulah yang menjadi alasan berdirinya perusahaan raksasa Honda saat ini. Hasilnya mungkin sedang kamu nikmati saat ini. Bahkan mungkin dirumahmu ada 3-4 motor pabrikan Honda.


Jadi, kesimpulannya adalah dendam memang tidak mengenakan tapi tidak juga selamanya negatif. Tergantung bagaimana menyikapi rasa kecewa bercampur emosi itu sendiri. Menjadikan kita terpuruk lalu berusaha membalas dengan cara yang buruk atau justru memacu semangat untuk lebih berprestasi. Silahkan pilih mau yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar